RUMAH BACA JALAPUSTAKA

"Menjala Dunia Dengan Membaca"

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
11 April 2009

Dirikan Rumah Baca Dari Koleksi Pribadi

Diposting oleh jalapustaka

Sumber : Suara Merdeka, Selasa 24 Maret 2009

Keinginan untuk ikut mencerdaskan lingkungan melatarbelakangi kakak beradik, Adi Toha dan Balya mendirikan rumah baca di rumah sederhananya di Jalan Kedungwuni - Kranji Nomor 2 RT 1 RW 9 Kedungwuni Timur Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

Balya saat bertemu dengan Wagub Rustriningsih di pendopo kabupaten, belum lama ini, mengemukakan, rumah baca yang dinamai "Jala Pustaka" dibuka kali pertama oktober 2008 dengan koleksi buku-buku pribadi.

Dia sempat menyampaikan pembukaan rumah baca itu ke Wagub dan Kepala Perpustakaan Nasional dan Kepala Badan Arsip Jawa Tengah.

Dia menyebutkan, koleksi buku di rumah bacanya 500 eksemplar. Ia mengaku kesulitan saat mengelola perpustakaan di rumahnya itu dengan koleksi buku yang terbilang tidak banyak itu. "Kalau dipinjamkan, koleksi buku yang ada di rak jadi sangat sedikit, sehingga kurang menarik bagi pembaca untuk datang ke rumah baca," ungkap dia.

Keluhan tersebut ditanggapi pihak Badan Arsip Jawa Tengah dengan pernyataan akan memberikan bantuan buku sebagai tambahan koleksi rumah baca. Kepala Kantor Perpustakaan Arsip Kabupaten Pekalongan, Imron Khozin, menyatakan siap memfasilitasi penyaluran bantuan dari propinsi untuk rumah baca tersebut. "Memang untuk sirkulasi, rumah baca atau perpustakaan harus mempunyai sedikitnya 1000 eksemplar buku," tutur Imron Khozin. (S Kholidah-61)

0 komentar:

Posting Komentar