RUMAH BACA JALAPUSTAKA

"Menjala Dunia Dengan Membaca"

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
14 Februari 2010

(Pre-Launch) Sepeda Pustaka

Diposting oleh jalapustaka

Di tengah maraknya isu pemanasan global dan semakin berkurangnya sumber bahan bakar minyak (BBM), sangat patut kiranya ketika kita mempertimbangkan kembali penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang merakyat dan ramah lingkungan.

Banyak manfaat yang bisa diambil ketika kita menggunakan sepeda dalam bertransportasi. Selain lebih menyehatkan bagi penggunanya, bersepeda juga lebih hemat energi dan hemat biaya. Sepeda tidak menimbulkan polusi udara, sehingga ramah lingkungan. Bersepeda bisa dilakukan oleh semua kalangan. Bersepeda tidak menimbulkan kemacetan yang berlebihan. Di tengah maraknya penggunaan sepeda motor, keberadaan sepeda kuno yang bisa jadi memiliki nilai sejarah menjadi terabaikan, oleh karena itu kegiatan bersepeda juga bisa menjadi sebuah gerakan untuk pelestarian budaya.

Aktifitas bersepeda, jika diorganisasikan dan dikelola dengan baik bisa menjadi sebuah wisata alternatif. Dengan bersepeda mengunjungi tempat-tempat tertentu, melewati jalur-jalur tertentu, orang akan merasakan kenikmatan dan kepuasan tersendiri, yang bisa jadi jauh lebih menyenangkan daripada ketika menggunakan sepeda motor atau transportasi lainnya. Karena itu kampanye budaya bersepeda perlu diwujudkan sebagai sebuah gerakan budaya. Jika budaya bersepeda ini sudah menjadi gerakan massal, maka orang tidak akan malu lagi naik sepeda. Sepeda akan kembali menempati fungsi dasarnya sebagai alat transportasi yang merakyat, hemat dan ramah lingkungan.

Berdasarkan uraian singkat di atas maka kami, Rumah Baca Jalapustaka, sebagai sebuah organisasi atau komunitas masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan, budaya dan sosial kemasyarakatan, berikhtiar dengan mengadakan acara bertajuk: “Sepeda Pustaka: Pekalongan Dalam Catatan”. Kegiatan tersebut adalah rangkaian diskusi sastra budaya dan rangkaian kegiatan bersepeda mengunjungi bermacam-macam tempat di Pekalongan baik wilayah kabupaten maupun kota madya yang memiliki nilai sejarah, ekonomi, budaya dan sosial. Dari hasil kunjungan ke tempat-tempat tersebut nantinya kami akan membuat sebuah catatan perjalanan yang akan kami bukukan sebagai sebuah dokumentasi tertulis salah satu sisi tentang Pekalongan.

Kami berharap kegiatan ini bermanfaatn baik bagi para peserta khususnya maupun bagi Pekalongan pada umumnya. Karena kegiatan ini merupakan upaya untuk mengenalkan dan menginformasikan potensi pariwisata daerah Pekalongan kepada masyarakat baik lokal maupun nasional.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada :

Hari/ tanggal : Kamis – Minggu / 22 – 25 April 2010
Pusat kegiatan : Rumah Baca Jala Pustaka
Jl. Raya Kranji No. 02 Kedungwuni Timur Kabupaten Pekalongan

Acara ini terbuka untuk siapapun, anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua, selama masih bisa mengayuh sepeda, mari kita bersepeda.

Rute Hari 1 : 23 April 2010 (Pkl. 13.30 - 18.00)
Jalapustaka – Pasar Kedungwuni – Rumah Sakit umum Pekajangan – Pabrik Sarung Tenun Tradisional dan Modern – Perpustakaan Sahara - Pegadaian Kedungwuni – Pabrik Tekstil Wonopringgo – Makam Pahlawan Bhakti Wiratama Bojong – Waduk irigasi Wonopringgo – Jalapustaka

Rute Hari II : 24 April 2010 (Pkl. 13.30 - 18.00)
Jalapustaka – Pismatex – Pantai Pasir Kencana – Pelabuhan Perikanan Pekalongan – Masjid Agung Pekalongan – Masjid & Pemakaman Sapuro – Pengrajin emas Paesan – Pengrajin celana Jeans – Jalapustaka

Rute Hari III : 25 April 2010 (Pkl. 10.00 - 18.00)
Jalapustaka – Masjid Kranji – Makam Syekh Siti Jenar, Makam Ki Ageng Rogoselo, Makam Ki Gede Penatas Angin dan Arca Baron Sekeber di Doro – Pabrik & Perkebunan Teh Jolotigo - Sentra Pengrajin Batik Buaran – Pabrik Batu Bata Kwayangan – Makam Cina – Jalapustaka

Pada malam harinya, acara akan disertai dengan rangkaian diskusi buku, sastra, literasi dan lain-lain dengan beberapa tema dan pembicara.

Jadwal, tema dan pemateri diskusi akan diberitahukan menyusul...

Kami akan sangat berterima kasih jika kawan-kawan pembaca blog ini berkenan untuk memberikan donasi kepada penyelenggara demi keberlangsungan dan kelancaran acara ini. Donasi bisa dikirimkan kepada kami lewat:

No. Rek : 0893-01-000959-50-9
BRI Cabang Unpad a.n. Adi Toha

No. Rek : 1390010181067
Bank Mandiri Cabang Pekalongan a.n. Adi Toha

Paypal: jalaindra@gmail.com






0 komentar:

Posting Komentar